BERITA
  • 15 Maret 2019
  • 0 Komentar
  • 138 Kali Dilihat
DKP selenggarakan Lomba Tumpeng Non Beras

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pringsewu yang ke 10 , pada hari Kamis tanggal 14 Maret 2019 , Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pringsewu menyelenggarakan Lomba Tumpeng non beras. Pelaksanaan Lomba berlokasi di Rest Area Pringsewu, Jl. Raya Wates Kecamatan Gadingrejo.  Lomba dibuka oleh Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pringsewu (Djondrawadi) di hadiri oleh perwakilan dari Tim Penggerak PKK  Kabupaten Pringsewu (Yulia Hasan), perwakilan Dharma Wanita Kabupaten Pringsewu ( Ellyana), serta beberapa kepala OPD terkait.  Sedangkan peserta lomba berasal dari Kelompok Wanita Tani dari beberapa pekon yang ada di  Kabupaten Pringsewu

Dalam sambutannya, Djondrawadi sangat mengapresiasi hasil kreasi tumpeng berbahan dasar non beras ini. Ia berharap hasil dari kreasi tumpeng ini bisa ditindaklanjuti dan nantinya bisa menjadi Home Industri

 

 

Dalam kesempatan ini juga John didampingi Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Pringsewu Ir. Tabrani Mahfi, MP berkeliling melihat dan memberikan masukan kepada para KWT peserta lomba untuk pengembangan produk yang dilombakan di stand lomba masing-masing.

Secara terpisah, Kadis Ketahan Pangan Kabupaten Pringsewu mengatakan tumpeng merupakan suatu tradisi yang sudah biasa dilakukan di masyarakat. “Lomba tumpeng non beras ini, dalam rangka menggali potensi lokal yang ada di desa masing-masing. Non beras bukan berarti kita mengganti beras dengan singkong. Ini hanya alternatif pengganti karbohidrat,” ungkap dia.

Karena itu, Dinas Ketahanan Pangan selalu menyosialisasikan kepada masyarakat bagaimana caranya mengirit penggunaan beras, menggantikan beras dengan bahan alternatif lain, digantikan dengan singkong atau umbi-umbian lain yang juga mengandung karbohidrat.

“Selain itu, tumpeng yang dilombakan di sini tentunya tersaji dalam menu makan B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman)” pungkasnya.